Selasa, 16 Februari 2021

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah di Jakarta



Saat usia Anda sudah mulai dewasa dan kebutuhan akan privasi serta kenyamanan tempat tinggal dibutuhkan, maka kepemilikan pribadi sebuah hunian impian tentu menjadi kebutuhan. Namun, bukan berarti semua diwujudkan tanpa pertimbangan, terutama jika memilih hunian rumah dijual di Jakarta, simak ulasannya di  bawah ini. 

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Rumah Dijual di Jakarta

 

1.     Harga

Setiap  orang pastinya memiliki impian memiliki hunian impian sendiri saat sudah mempunyai pekerjaan tetap. Terlebih jika gaji per bulannya cukup banyak untuk di tabung dan kebutuhan sehari-hari. Memiliki rumah di daerah Jakarta tentunya harus benar-benar melihat dengan benar harga yang ditawarkannya, karena memang tidak murah.

 

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin memilih rumah dijual di Jakarta penyesuaian dengan jumlah penghasilan tetap. Lakukan survei terkait hal tersebut, untuk mendapatkan penawaran terbaik. Ambil beberapa sampel dengan harga yang berbeda, lalu pilih yang paling sesuai. Jangan lupa untuk juga mempelajari sistem pembayarannya.

 

2.     Sesuai dengan Kebutuhan

Hal lain yang harus di perhatikan ketika mencari rumah dijual di Jakarta adalah kesesuaian dengan kebutuhan Anda. Dimana hal ini menyangkut dengan siapa saja akan menghuni atau menempatinya nanti. Apakah bersama keluarga besar atau hanya sendiri saja, tentunya juga harus masuk dalam pertimbangan. Karena nantinya akan berhubungan dengan  kenyamanan saat tinggal di dalamnya.

 

Seperti contohnya adalah jumlah kamar tidur yang dibutuhkan dalam rumah tersebut. Kemudian juga kebutuhan lahan lain seperti parkir motor atau mobil, sehingga perlu  tambahan  garasi. Mungkin juga membutuhkan  ruang  tamu yang besar dan  sebagainya.  Sehingga  nantinya bisa tentukan dengan luas dan panjang rumah tersebut. Lakukan survei terkait kebutuhan Anda, dan pilih yang paling sesuai.

 

3.     Fasilitasnya

Hal penting lainnya yang harus Anda Pastikan saat membeli rumah di Jakarta ada terkait dengan kelengkapan fasilitas yang ditawarkannya. Akan ada banyak sekali model rumah pada perumahan yang akan Anda temui. Tentunya semuanya memiliki keunggulan dan juga fungsi tinggal dengan tujuan yang berbeda-beda, sehingga akan mempengaruhi keterjangkauan jarak dengan fasilitas umum

 

Bagi Anda yang bekerja di perkantoran dan membutuhkan jarak terdekat dengan lokasi, tentu diperlukan akses terdekat seperti MRT atau jalur bis Kota. Selain itu keterjangkauan fasilitas lain seperti mini market dan juga tempat lainnya juga menjadi satu pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah. Terutama di Jakarta yang lalu lintas dan sistem kehidupannya dibutuhkan serba cepat. 

 

4.     Desain Rumah

Biasanya setiap jenis rumah pada sebuah perumahan memiliki atau  menawarkan desain berbeda-beda, sehingga hal ini juga perlu untuk dipertimbangkan. pasalnya setiap orang tentu memiliki desain rumah impiannya sendiri sesuai dengan selera dan juga kebutuhannya. Untuk itu Anda bisa menyewa jasa arsitek dalam mewujudkannya.

 

Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan dan impian hunian terbaik untuk ditempati. Apalagi rumah adalah tempat ternyaman untuk pulang setelah seharian melakukan rutinitas kerja yang cukup menguras banyak tenaga dan juga pikiran. Jika Anda memerlukan referensi terkait bisa kunjungi rumah.com yang hadir memenuhi segala keinginan dan hunian terbaik.

 

5.     Material Bangunan yang Dipakai

Selain harga, kebutuhan, keterjangkauan fasilitas pendukung, dan juga desain yang sesuai dengan selera, hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis material bangunannya. Jangan sampai Anda lengah dan terpesona dengan tampilan luar yang menarik dan bagus, tetapi tertipu ketika tahu bahan bangunan yang digunakan tidak memiliki kualitas terbaik. Hal ini bisa berakibat pada kekuatan rumah yang akan dihuni.

 

Pastikan dengan benar spesifikasi terkait dengan material bangunan yang digunakan oleh pihak properti yang menyediakan jasa tersebut. Biasanya akan ditulis dalam rincian brosur yang diberikan kepada calon penggunanya. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi nyata secara langsung untuk memastikan kebenaran informasi yang Anda dapatkan. Agar tahu struktur bangunan benar-benar bagus.

 

6.     Lingkungan Sekitar

Apalagi yang diperlukan dalam membeli sebuah rumah kalau bukan lingkungan sekitarnya. Hal ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan saat menempatinya. Terutama di daerah Jakarta yang rawan akan banjir, ini menjadi hal yang penting  untuk dipertimbangkan sebagai calon pengguna. Lakukan survei sekitar area perumahan dan juga kenali beberapa potensi daerah rawan bencana yang sering terjadi.

 

Jika secara letak dan juga penempatannya sudah aman dari potensi kemungkinan banjir, hal selanjutnya yaitu terkait dengan keamanannya. Mengapa demikian? karena Jakarta adalah kota besar segala bentuk kejahatan bisa saja terjadi dan Anda alami. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja yang sering meninggalkan rumah dan segala isinya, memastikan penjagaan lingkungan rumah adalah hal utama.

 

7.     Surat Hak Milik

Setelah semua hal di atas terpenuhi dengan benar dan sesuai, selanjutnya yang penting dan utama adalah terkait status Surat hak kepemilikannya. Mengapa ini penting? karena menyangkut tentang kepemilikan resmi Anda sebagai pengguna yang sah secara hukum.

 

Untuk lebih amannya perhatikan jenis Surat kepemilikan tersebut, ada tiga yang disarankan saat membeli rumah yaitu Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Pakai (SHP), dan Sertifikat hak guna Bangunan (SHGB). Bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli sebuah hunian untuk tinggal disarankan untuk memilih bangunan dengan SHM, karena secara hukum lebih kuat posisinya.

 

Ulasan di atas adalah referensi bagi siapapun yang ingin memilih jenis rumah dijual di Jakarta. Kadang kala lebih teliti, hati-hati, dan tidak terburu-buru apalagi tergiur dengan penawaran yang menarik adalah hal yang harus didahulukan. Karena banyak sekali kasus penipuan dan juga berbagai hal yang tidak diinginkan. Kenali dan pastikan semua kelengkapannya terlebih dahulu agar kemungkinan terburuk tidak terjadi.


EmoticonEmoticon